Pemutahiran Alkitab terjemahan New International Version (NIV) tahun 2011

New International Version (NIV) merupakan terjemahan Alkitab bahasa Inggris yang diklaim banyak dibaca karena bahasanya yang cukup mudah dimengerti. NIV bukanlah pembaruan dari Alkitab terjemahan King James Version (KJV) yang 'sukar dimengerti ketika dijelaskan kepada orang lain', tetapi merupakan terjemahan baru langsung dari sumber bahasa aslinya. Dengan teks dasar untuk Perjanjian Lama (PL) dari Biblia Hebraica Stuttgartensia dan untuk Perjanjian Baru (PB) adalan UBS Greek New Testament bersama dengan Eberhard Nestle’s Novum Testamentum Graece (disamping teks terjemahan lainnya yang dianggap baik dalam merekonstruksi teks aslinya yang sukar dipahami). Terjemahan ini diproduksi oleh suatu Komite Terjemahan Alkitab (the Committee on Bible Translation (CBT)) yang merupakan kelompok kerja independen.

Penerbitan secara keseluruhan (PL dan PB) dalam tahun 1973, dan direvisi tahun 1978, kemudian direvisi lagi tahun 1984, menjadikan terjemahan NIV sebagai terjemahan yang populer hingga saat ini. Dalam tahun 2005, diterbitkan lagi revisi atas NIV yang dikaitkan dengan 'bahasa yang bebas gender' (gender-free language) yang dinamakan Today's New International Version (TNIV), walaupun terjemahan NIV tetap diproduksi, tetapi diharapkan TNIV akan menggantikan NIV.

Ternyata TNIV yang diharapkan merupakan perbaikan dari NIV ini tidak mendapat sambutan yang cukup baik dari para pemakainya, sehingga dapat dikatakan bahwa revisi NIV ini gagal mencapai tujuannya sebagai terjemahan yang populer menggantikan NIV.

Terjemahan edisi terbaru NIV ini akan dikeluarkan tahun 2011 (tahun dimana ditandai sebagai ulang tahun ke 400 keberadaan KJV, yang diterbitkan pertama kali tahun 1611) dan akan dinamakan terjemahan The NIV. The NIV akan mewakili dan menyajikan hasil akhir dari kerja CBT, yang tersaji dari edisi 1978 dan 1984 dari NIV dan edisi 2005 dari TNIV. Alamat situs (website) resminya adalah http://nivbibleupdate.com.

Dan berita-berita terbaru mengenai kemajuan terjemahan The NIV dapat Anda peroleh melalui alamat ini : http://nivbibleupdate.com/?page_id=128.

Bagi Anda yang gemar membaca terjemahan NIV, dapat memperoleh informasi sejarah terjemahan NIV di alamat : http://nivbibleupdate.com/?page_id=136.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar